Langsung ke konten utama

Contoh Soal UKG 2015


SOAL-SOAL LATIHAN UKG KOMPETENSI PEDAGOGIK

1.  Kemampuan   berfikir   untuk   mengoperasikan   kaidah-kaidah   logika   tapi   masih   terkait   dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
a.    0 - 2 tahun
b.    2 -- 7 tahun
c.     7 -- 11/12 tahun
d.    11/12/ -- 14/15 tahun

2.  Kegemaran  anak  akan  dongeng/cerita  yang  bersifat  kritis  seperti  kisah  perjalanan  riwayat  para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia
a.    3—5 tahun
b.     6 -- 8 tahun
c.     10 - 12 tahun
d.     15 - 18 tahun

3.  Menggunakan    potongan    sapu    lidi,    kelereng,    globe,    gambar-gambar    yang    menyangkut pembelajaran   IPA   serta   IPS   sebagai   media   adalah   sesuai   dengan   tahapan   perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
a.    Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
b.    Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c.   Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d.   Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)

4.    Individu  memandang  apa  yang  diharapkan  oleh  keluarga,  kelompok,   masyarakat  dan  bangsa serta   setia   mendukung   aturan   social   bukan   hanya   untuk   ketenangan   tetapi   disadari   sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a.    Prekonvensional
b.     Konvensional
c.      Postkonvensional
d.     Interkonvensional

5.    Pandangan    dan    pahamke-Tuhan-an    diterangkan    secara    nasional    berdasarkan    kaidah-kaidah logika  yang  bersumber  pada  tanda  alam  semesta  sebagai  pengejawantahan  (manifestasi)  dari keberadaan    dan    keagungan-Nya.Pernyataan    ini    merupakan    tahapan    perkembangan    moral keagamaan pada masa.
a.    Kanak-kanak
b.     Anak sekolah
c.     Remaja
d.    Masa remaja akhir

6.    Masa  anak  berusia  13-16  tahun  (remaja  awal)  mencapai  tahap  perkembangan  sosial  dengan hubungan   aku   engkau   atau   hubungan   subyektif-obyektif   perkembangan   dalam   tahapan   ini berlangsung secara ......
a.   Subyektif
b.  Subyektif menuju obyektif
 c.  Pra-puber
d.  Obyektif

7.   Siswa    yang    berusaha    melatih    kepekaan    dirinya    terhadap    rangsangan-rangsangan    berupa tekanan-tekanan  dan  tuntutan-tuntutan  dari  lingkunganya,  belajar  bergaul  dan  bertingkah  laku seperti orang lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosio-kulturnya dikenal sebagai ................
a.  Akulturasi
b.  Akomodasi c.  Asimilasi
d.  Sosialisasi


8.   Saat  menyadari  ada  perbedaan  sifat,  sikap,  watak,  temperamen,  dan  pengalaman  antara  dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia ..........
a.  1 - 2 tahun
b.  2 - 4 tahun
 c.  5 - 7 tahun
d.  6 - 12 tahun

9.  Siswa-siswa    yang    peramah,    penakut,    teliti,    mampu    mengambil    kesimpulan,    jujur    atau pendendam merupakan karakteristik dari .........
a.  Sikap
b.  Kepribadian
 c.  Temperaman
d.  Sifat

10.  Jika  kita  menemukan  siswa-siswa  yang  sejak  kelas  1  hingga  kelas  6  SD  bersikap  penurut  saja atau   selalu   menguasai   teman-temanya.   Maka   sifat-sifat   demikian   cenderung   mereka   tunjukan hingga taraf kedewasaan. Deskripsi ini merupakan gambaran dari kepribadian ..............
a.  Percayalawan tidak percaya
b.  Otonomi lawan peragu/pemalu
c.  Rendah diri lawan merasa bersalah
d.  Inisiatif lawan bersalah

11.  Seseorang    mampu    mengerjakan    atau    menyelesaikan    sesuatu    yang    ditugaskan    kepadanya dengan    hasil    yang    baik    bahkan    sempurna.    Kemampuan    melakukan    hal-hal    tersebut menumbuhkan   kepercayaan   diri   yang   bersangkutan   tentang   kecakapanya   menyelesaikan   suatu tugas. Karakteristik tersebut terjadi pada masa..........
a.  Kanak-kanak
 b.  Anak sekolah
 c.  Masa remaja.
d.  Masa dewasa muda

12.  Sebagai   seorang   guru   SD,   Pak   Ali   berusaha   memiliki   informasi   tentang   seluk   beluk   dan karakteristik    setiap    siswanya,    karena    semua    itu    merupakan    bahan    dasar    yang    akan mempengaruhhi    capaian    dan    prestasi    masing-masing    siswa.    Ilustrasi    tersebut    merupakan deskripsi dari konsep
a.  Masukan dasar PBM.
b.  Merencanakan PBM
c.  Masukan rencana
d.  Masukan lingkungan PBM

13. Salah  satu  kegiatan  guru  untuk  mengetahui  tingkatan  penguasaan  kompetensi  prasyarat  peserta didik adalah.....
a.  Melatih siswa mengerjakan tes persiapan ujian sekolah
b. Mengidentifikasi siswa kelas satu yang bisa menyebutkan bilangan 1 sampai 10 c.  Melakukan kegiatan post test
d.  Melakukan ulangan harian dadakan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada para siswa.

14.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1.  Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan kegairahan belajar
2.  Ciptakan situasi-situasi bersaing antar sesama siswa secara sehat
3.  Jauhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan terhadap ketentuan yang berlaku
4.  Berikan penghargaan yang tulus dan wajar kepada ranking lima besar di kelas
   Pernyataan di atas yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar adalah pernyataan....
 a.  1 dan 2.                 b.  1 dan 3            c.  2 dan 3            d.  3 dan 4

15.  Pak  Dedi  menemukan  kasus  kesulitan  belajar  yang  dialami  siswa  SD  yang  disebabkan  oleh kebiasaan  belajar  yang  salah.  Langkah  yang  paling  tepat  dilakukan  untuk  mengatasi  kesulitan belajar demikian antara lain .......
a.  Tunjukan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
b. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
c.  Ciptakan iklim social yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas
d.  Berikan kesempatan memperolah pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal.

16.  Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut
1.  Faktor-faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.  Kapasitas belajar (tingkat keerdasan) umum terbatas/rendah
3.  Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang-bidang tertentu
4.  Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar
 Pernyataan  diatas  yang  merupakan  faktor  penyebab  kesulitas  belajar  yang  bersumber  dari  dalam diri siswa adalah pernyataan .......
a.   1 dan 2 b.   1 dan 3           c.   2 dan 3.         d.   3 dan 4

17.  Berikut  adalah  merupakan  kegiatan  guru  dalam  menanamkan  perilaku  positif  terhadap  siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial yaitu...........
a.  Mewajibkan memeli buku pelajaran dari koperasi sekolah
 b.  Menggunakan hukuman untuk menanamkan ketaatan
c.  Menjelaskan akibat perbuatan anti social seperti mencuri korupsi, memfitnah .
 d.  Mengklasifikasi perbedaan budaya diantara suku bangsa di Indonesia

18. Ibu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani tetangga samping sekolah untuk mengamati  tanaman  jagung  yang  siap  dipanen  muda.  Selanjutnya  Ibu  Ani  memeriksa  laporan hasil   observasi   siswa.   Dari   hasil   klasifikasi   kecenderungan   gaya   belajar   siswa   diperoleh peringkat   hasil   belajar.   Peringkat   terbaik   dari   kecenderungan   gaya   belajar   berhasil   baik melalui....
a.  Visual - auditif
b.  Visual - Kinestetik.
 c.  Auditif - Kinestetik
d.  Auditif, Visual dan kinestetik

19.  Beberapa  siswa  memiliki  kecenderungan  belajar  berupa  mengerjakan  soal  atau  tugas  dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a.  Impulsive
 b.  Reflektif
c.  Gaya berfikir terikat
d.  Gaya berfikir bebas.

20.  Salah satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....
 a.  Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b.  Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c.  Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d.  Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa

21.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1.  Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2.  Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3.  Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4.  Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari  pernyataan  di  atas  yang  merupakan  karakteristik  teori  belajar  tingkah  laku  behavioristik adalah....
a.  1 dan 2   b.  2 dan 3           c.  1 dan 3            d.  3 dan 4

22.  Guru    melakukan    pembelajaran    memberikan    kebebasan    yang    luas    kepada    siswa    untuk menentukan  apa  yang  akan  ia  pelajari  sesuai  sumber-sumber  belajar  yang  tersedia  atau  dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan cirri dari teori belajar............
a.  Behavioristik
b.  Konstruktivistik.
 c.  Humanisme
d.  Gestalt

23.  Deni   adalah   seorang   siswa   berprestasi   sehingga   mendapat   penghargaan/hadiah.   Dampaknya Deni   lebih   rajin   dan   lebih   bersemangat   belajar.   Gurunya   mengutamakan   CBSA,   materi pelajaran   disajikan   dalam   bentuk   unit-unit   kecil   agar   siswa   hanya   perlu   memberikan   suatu respon  tertentu  saja,  respon  yang  ada  diberi  umpan  balik  agar  siswa  segera  tahu  hasilnya.PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi oleh teori belajar............
a.  Behavioristik
b.  Konstruktivistik
c.  Humanisme.
d.  Gestalt

24.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1.  Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2.  Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3.  Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
 Pernyataan diatas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah ...
a.  1, 2, dan 3             b.  1, 2, dan 4      c.  2, 3, dan 4.     d.  2 dan 3

25.  Kita   menentukan   kategori   dan   membentuk   sesuatu   yang   dengan   pasti   memaknai   fenomena. Kategori    ini    memungkinkan    kita    untuk    mengelompokan    obyek-obyek    dengan    perbedaan- perbedaan   yang   nyata   berdasarkan   karakteristik   umum,   serta   mengurangi   kerumitan   kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model ..........
a.  Berfikir induktif
b.  Berfikir deduktif.
c.  Pencapaian konsep
d.  Pengemas awal

26.  Salah    satu    model    pembelajarn    yang    merupakan    kelompok    model    pengolahan    informasi adalah ....
a.  Bermain peran
b.  Pemecahan masalah
 c.  Memorasi
d.  Deduktif.

27.  Individu   bekerjasama   dalam   menganalisis   permasalahan   interpersonal   dan   mengembangkan cara-cara   demokratis   untuk   menghadapi   situasi   tertentu.   Ini   semua   merupakan   cirri   dari model/strategi pembelajaran .......
a.  Bermain peran
b.  Investigasi kelompok.
 c.  Latihan laboratorium
d.  Penelitian yurisprudensial

28.  Pembelajaran   dengan   menyediakan   contoh-contoh   yang   menunjukan   kesamaan-kesamaan   atau perbedaan-perbedaan    agar    siswa    yang    berhadapan    dengan    contoh-contoh    tersebut    dapat menemukan   sendiri   atau   diberi   tahu   oleh   guru   tentang   setiap   unsur   dari   contoh   tersebut. Kemudian   siswa   merumuskan   atau   merumuskan   kembali   hipotesis   tentang   memaknai   contoh tersebut   dan   setiap   contoh   itu   akan   menyajikan   informasi   tentang   karakteristik   dan   nilai atributnya. Model/strategi pembelajarn tersebut adalah ...........
a.  berfikir induktif.
b.  Berfikir deduktif
c.  Pencapaian konsep
d.  Pengewas awal

29.  Pada  fase  pertama  guru  menggaris  bawahi  bagian  yang  penting  dengan  membuat  daftarnya. Fase  kedua  membuat  hubungan  materi  baru  dengan  kata-kata,  gambar  dan  gagasan-gagasan. Fase  ketiga  membuat  hubungan-hubungan  dengan  cara-cara  yang  menarik/lucu  meski  kadang sedikit berlebihan. Fase akhir adalah latihanya. Stratgei pembelajaran demikian adalah....
a.  pengemas awal
b.  memorasi
c.  Pencapaian konsep.
d.  Berfikir induktif

30.  Guru   membentuk   kelompok-kelompok   belajar   dan   memberikan   tugas   kepada   tiap   kelompok. Setiap  anggota  dari  suatu  kelompok  memiliki  tugas  dan  fungsi  tertentu  sehingga  jika  salah  satu saja  anggota  kelompok  tidak  menjalankan  tugasnya  maka  pekerjaan  kelompok  tersebut  tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajarn tersebut adalah..............
a.  Tugas kelompok
b.  Diskusi kelompok kecil
 c.  Direct teaching
d.  Kooperatif learning.
 31.  Upaya  guru  menata  setting  pembelajaran  dengan  memanfaatkan  segala  unsur-unsur  yang  ada  di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah ..........
a.  Memasang karya terbaik siswa pada dinding di dalam kelas
b.  Memajang gambar cirri khas kota-kota besar di seluruh dunia
c.  Menugaskan siswa memakai baju adat pada hari besar nasional
d.  Menyiapkan media sederhana dan murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa.

32.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upayaguru pelajaran matematika dikelas 4 dengan pokok bahasan bentuk-bentuk bidang geomatris luas dan keliling.
1.  Guru menunjukan meja dan papan tulis sebagai persegi panjang
2.  Guru menunjukan tegel keramik di lantai bidang persegi panjang
3.  Guru menunjukan kotak bungkus rokok sebagai bentuk balok
4.  Guru memakai bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran
Pilihlan   pernyataan   paling   menggambarkan   upaya   guru   memanfaatkan   unsur-unsur   yang   ada dikelas sebagai media pembelajaran adalah pernyataan ...........
a.  1 dan 2.
b.  1 dan 3
c.  2 dan 3
d.  3 dan 4

33.  Guru   bersama   siswa   kelas   3   D   membuat   denah   kelas.   Posisi   meja   siswa   kearah   samping digambar  sebagai  garis  horizontal/datar  dengan  notasi  huruf  A  sampai  D  atau  lazim  sebagai sumbu  Y.  Sedangkansusunan  meja  siswa  ke  belakang  ditandai  dengan  angka  1  sampai  dengan 5  sebagai  garis  vertical  atau  sumbu  X,  sehingga  sekarang  tiap  siswa  mengetahi  posisi  masing- masing  meja  pada  posisi  huruf  dan  angka  berapa.  Denah  kelas  yang  dibuat  tersebut  dapat dipergunakan sebagai alat bantu pembelajarn .........
a.  IPA dan Matematika
b.  IPS dan Matematika
c.  Matematika dan Bahasa.
d.  IPA dan IPS

34.  Sebuah  sekolah  dasar  berada  di  suatu  wilayah  berdekatan  dengan  hutan  alam,  sebuah  sungai dan danau kecil. Keadaan ala mini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep.............
a.  Hutan homogeny
b.  Penampakan buatan permukaan bumi.
 c.  Proses fotosintesi
d.  Siklus hidrologi

35.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1.  Memberikan pujian atau hadiah bagi siswa yang menunjukan usaha yang baik
2.  Memberikan angka tinggi sesuai prestasi yang dicapai siswa
3.  Menyalahkan siswa secara terbuka di kelas atau jawaban yang belum memuaskan
4.  Menciptakan suasana belajar yang ketat dan disiplin memenuhi kebutuhan belajar siswa
Pernyataan   di   atas  yang   merupakan   langkah   guru   untuk  memotivasi   siwa   untuk  melakukan kegiatan belajar bermakna .......
a.  1 dan 2.                 b.  1 dan 3            c.  2 dan 3            d.  3 dan 4

36. Pak   Andi   akan   menyajikan   materi   pembelajaran   untuk   informasi   seperti   memahami   symbol (lambang)    antara    lain   seperti    kata-kata,    istilah,pengertian    dan    peraturan,    kegiatan    belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk sifat materi tersebut adalah .............
a.  Siswa harus mengenal dan mengulang hafalan informasi
b.  Siswa   dilatih   memformulasikan   informasi   ke   dalam   rangkaian   yang   bermakna   dalam kehidupan mereka.
c.  Siswa dilatih untuk memiliki ketrampilan pemecahan masalah yang dihadapi
d.  Siswa dilatih menghafal symbol-simbol, istilah dan pengertian-pengertian secara intensif

37. Kegiatan   guru   memberikan   penguatan   (reinforcement)   berbentuk   gesture   di   dalam   kegiatan pembelajaran adalah......
a.   Memberikan hadiah ke seluruh siswa karena nilai rata-rata Matematik meningkat pesat
b.   Mengangguk-anggukan   kepala   disertai   muka   ceria   kepada   siswa   yang   menjawab   dengan tepat.
c.   Menegur siswa yang salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
d.   Memberikan acungan jempol terhadap respon siswa yang benar.

38. Upaya  guru  SD  dalam  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  merefleksikan  pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara .............
a.   Guru memberikan test atau PR setiap akhir pelajaran
b.  Guru    menggunakan    pertanyaan    terarah    maupun    pertanyaan    bersifat    penelusuran    saat pembelajarn berlangsung.
c.   Guru mewancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa
d.   Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

39. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan degan cara....
a.   Memberikan  penilaian  terhadap  aktivitas,  tahap  kemajuan  dan  hasil  kerja  siswa  dari  proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b.   Memberikan pre test maupun post test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran 
c.   Memgadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d.   Mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa

40. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian test belajar untuk soal pilihan ganda antara lain.................
 a.   Membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda.
b.   Mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
 c.   Mencari berapa rata-rata nilai kelas
d.   Memberikan pembobotan nilai untuk setiap soal

41. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ..........
a.   Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b.   Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif
c.   Mengumpulkan   hasilkerja   masing-masing   siswa   yang   telah   diberikan   masukan   balik   oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar.
d.   Mengumpulkan   lembaran-lembaran   jawaban   atau   hasil   ulangan   tiap   siswa   untuk   melihat kesulitan    siswa    dalam    memahami    pokok    bahasan    tertentu    dan    kemudian    diberikan pengajaran dan tes remedial.

42. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupakegiatan guru...............
a.   Memeriksa  dan  memberikan  nilai  terhadap  hasil  catatan  aktivitas  tiap  siswa  dalam  kegiatan di kelas.
b.   Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
c.   Merencanakan   pembelajaran   remedial   bagi   siswa   yang   kurang   baik   berdasarkan   penilaian non tes
d.   Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik

43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1.   Mendata siswa yang memilikikecerdasan (IQ) tinggi
2.   Menganalisis soal yang paling banyak salah dan yang paling banyak benar dijawab siswa
3.   Menganalisis latar belakan social, ekonomi dan budaya orang tua mereka
4.   Mengevaluasi sistem PB secara menyeluruh berdasarkan atas dasar hasil penilaian belajar Pernyataan diatas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi belajar adalah
a.   1 dan 2 b.   1 dan 3           c.   2 dan 4.          d.   3 dan 4

44. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut .....
a.   Menentukan criteria keberhasilan belajar
b.   Mengklasifikasi siswa berdaarkan hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari criteria keberhasilan yang diharapkan
d.   Merencanakan pengajaran remedi.

45. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru....
a.   Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial.
b.  Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analiss evaluasi belajar siswa
c.   Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d.   Merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

46. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian presentasinya di bawah ketuntasan belajar  .....
a.   Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa.
b.   Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes diagnostic
c.   Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa.
d.   Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang

47. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .........
a.   Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b.   Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaranyang lebih tinggi
c.   Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai.
d.   Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatanya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

48. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan untuk....
a.   Mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak berpengalaman
b. Mengusulkan penyediaan media pengajaran yang canggih untuk meningkatkanpembelajaran
c.   Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan.
d.   Memberikan latihan tambahan berupa tes untuk para siswa

49. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajarn yang telah diranang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....
a.   Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b.   Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan ujian nasional d.   Guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada.

50. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan kerampilan social antara lain....
a.   Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b.   Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c.   Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d.   Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan social di sekitar siswa .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013 (berdasarkan Permendikbud 81A lampiran IV) Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut. 1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. 2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. 3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik 4. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengem
Cara Cek Info PTK / GTK Terbaru Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Tahun 2017 Cek Info PTK Terbaru Semester 2 Tahun 2016/2017 mengalami sedikit perubuhan tampilan pada saat login di lembar info ptk setelah login seperti gambar di bawah ini. Namun tidak akan menyusahkan anda untuk mengecek status info GTK anda. untuk semester 2 tahun ajaran 2016 - 2017 belum dipublikasi sampai entry update data sekolah, guru, dan siswa dilakukan oleh operator sekolah masing-masing. Untuk cek tunjangan sertifikasi dapat dilihat pada link berikut:  http://www.infoptk.com/2015/03/cek-info-ptk-2015.html