SOAL-SOAL LATIHAN UKG KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika
tapi masih terkait
dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia
a.
0 - 2 tahun
b.
2 -- 7 tahun
c.
7 -- 11/12 tahun
d.
11/12/ -- 14/15 tahun
2. Kegemaran
anak akan dongeng/cerita yang
bersifat kritis seperti
kisah perjalanan riwayat
para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia
a.
3—5 tahun
b.
6 -- 8
tahun
c.
10 - 12 tahun
d.
15 - 18
tahun
3. Menggunakan
potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang
menyangkut pembelajaran IPA serta
IPS sebagai media
adalah sesuai dengan
tahapan perkembangan berfikir anak
yang dikenal sebagai tahapan
a.
Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
b.
Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang
tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)
4.
Individu
memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan
bangsa serta setia mendukung
aturan social bukan
hanya untuk ketenangan
tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a.
Prekonvensional
b.
Konvensional
c.
Postkonvensional
d.
Interkonvensional
5.
Pandangan
dan pahamke-Tuhan-an diterangkan secara
nasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang
bersumber pada tanda
alam semesta sebagai
pengejawantahan
(manifestasi) dari
keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini
merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa.
a.
Kanak-kanak
b.
Anak
sekolah
c.
Remaja
d.
Masa remaja akhir
6.
Masa
anak berusia 13-16
tahun (remaja awal)
mencapai tahap perkembangan
sosial dengan hubungan aku
engkau atau hubungan
subyektif-obyektif perkembangan dalam
tahapan ini berlangsung secara
......
a. Subyektif
b. Subyektif menuju obyektif
c. Pra-puber
d. Obyektif
7. Siswa yang
berusaha melatih kepekaan
dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan
tuntutan-tuntutan dari lingkunganya,
belajar bergaul dan
bertingkah laku seperti orang
lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosio-kulturnya dikenal sebagai
................
a. Akulturasi
b. Akomodasi c. Asimilasi
d. Sosialisasi
8. Saat menyadari
ada perbedaan sifat,
sikap, watak, temperamen,
dan pengalaman antara
dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia ..........
a. 1 - 2 tahun
b. 2 - 4 tahun
c. 5 - 7 tahun
d. 6 - 12 tahun
9. Siswa-siswa yang
peramah, penakut, teliti,
mampu mengambil kesimpulan, jujur
atau pendendam merupakan karakteristik dari .........
a. Sikap
b. Kepribadian
c. Temperaman
d. Sifat
10. Jika kita
menemukan siswa-siswa yang
sejak kelas 1 hingga kelas
6 SD bersikap
penurut saja atau selalu
menguasai teman-temanya. Maka
sifat-sifat demikian cenderung
mereka tunjukan hingga taraf
kedewasaan. Deskripsi ini merupakan gambaran dari kepribadian ..............
a. Percayalawan tidak percaya
b. Otonomi lawan peragu/pemalu
c. Rendah diri lawan merasa
bersalah
d. Inisiatif lawan bersalah
11. Seseorang mampu
mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu
yang ditugaskan kepadanya dengan hasil
yang baik bahkan
sempurna. Kemampuan melakukan
hal-hal tersebut
menumbuhkan kepercayaan diri
yang bersangkutan tentang
kecakapanya menyelesaikan suatu tugas. Karakteristik tersebut terjadi
pada masa..........
a. Kanak-kanak
b. Anak sekolah
c. Masa remaja.
d. Masa dewasa muda
12. Sebagai seorang
guru SD, Pak
Ali berusaha memiliki
informasi tentang seluk
beluk dan karakteristik setiap
siswanya, karena semua
itu merupakan bahan
dasar yang akan mempengaruhhi capaian
dan prestasi masing-masing siswa.
Ilustrasi tersebut merupakan deskripsi dari konsep
a. Masukan dasar PBM.
b. Merencanakan PBM
c. Masukan rencana
d. Masukan lingkungan PBM
13. Salah satu
kegiatan guru untuk
mengetahui tingkatan penguasaan
kompetensi prasyarat peserta didik adalah.....
a. Melatih siswa mengerjakan
tes persiapan ujian sekolah
b. Mengidentifikasi siswa
kelas satu yang bisa menyebutkan bilangan 1 sampai 10 c. Melakukan kegiatan post test
d. Melakukan ulangan harian
dadakan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada para siswa.
14. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1. Hindari saran dan
pernyataan negatif yang dapat melemahkan kegairahan belajar
2. Ciptakan situasi-situasi
bersaing antar sesama siswa secara sehat
3. Jauhkan hukuman dan sanksi
yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan terhadap ketentuan yang berlaku
4. Berikan penghargaan yang
tulus dan wajar kepada ranking lima besar di kelas
Pernyataan di atas yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kasus
kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkan oleh kurangnya
motivasi dan minat belajar adalah pernyataan....
a. 1 dan 2. b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4
15. Pak Dedi
menemukan kasus kesulitan
belajar yang dialami
siswa SD yang
disebabkan oleh kebiasaan belajar
yang salah. Langkah
yang paling tepat
dilakukan untuk mengatasi
kesulitan belajar demikian antara lain .......
a. Tunjukan akibat atau dampak
kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
b. Berikan kesempatan kepada
siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
c. Ciptakan iklim social yang
sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas
d. Berikan kesempatan
memperolah pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar
meskipun prestasinya minimal.
16. Perhatikanlah
pernyataan-pernyataan berikut
1. Faktor-faktor situasi yang
tidak kondusif yang dialami siswa
2. Kapasitas belajar (tingkat
keerdasan) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar (bakat)
khusus tak sesuai dalam bidang-bidang tertentu
4. Populasi siswa di dalam
kelas terlalu besar
Pernyataan diatas
yang merupakan faktor
penyebab kesulitas belajar
yang bersumber dari
dalam diri siswa adalah pernyataan .......
a. 1 dan 2 b. 1
dan 3 c. 2 dan 3.
d. 3 dan 4
17. Berikut adalah
merupakan kegiatan guru
dalam menanamkan perilaku
positif terhadap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan
sosial yaitu...........
a. Mewajibkan memeli buku
pelajaran dari koperasi sekolah
b. Menggunakan hukuman untuk menanamkan ketaatan
c. Menjelaskan akibat
perbuatan anti social seperti mencuri korupsi, memfitnah .
d. Mengklasifikasi perbedaan budaya diantara
suku bangsa di Indonesia
18. Ibu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani
tetangga samping sekolah untuk mengamati
tanaman jagung yang
siap dipanen muda.
Selanjutnya Ibu Ani
memeriksa laporan hasil observasi
siswa. Dari hasil
klasifikasi kecenderungan gaya
belajar siswa diperoleh peringkat hasil
belajar. Peringkat terbaik
dari kecenderungan gaya
belajar berhasil baik melalui....
a. Visual - auditif
b. Visual - Kinestetik.
c. Auditif - Kinestetik
d. Auditif, Visual dan
kinestetik
19. Beberapa siswa
memiliki kecenderungan belajar
berupa mengerjakan soal
atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak
kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a. Impulsive
b. Reflektif
c. Gaya berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
20. Salah satu cirri belajar
rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....
a. Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi
lingkungan
b. Guru memanfaatkan secara
optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun
sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d. Kegiatan pembelajarn
dipilih atas dasar minat siswa
21. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan
bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan
pembentukan stimulus dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan
sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa menentukan sendiri
apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan
di atas yang
merupakan karakteristik teori
belajar tingkah laku
behavioristik adalah....
a. 1 dan 2 b. 2
dan 3 c. 1 dan 3 d. 3 dan 4
22. Guru melakukan
pembelajaran memberikan kebebasan
yang luas kepada
siswa untuk menentukan apa
yang akan ia
pelajari sesuai sumber-sumber
belajar yang tersedia
atau dapat disediakan. Pernyataan
ini merupakan cirri dari teori belajar............
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik.
c. Humanisme
d. Gestalt
23. Deni adalah
seorang siswa berprestasi
sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih
rajin dan lebih
bersemangat belajar. Gurunya
mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan
dalam bentuk unit-unit
kecil agar siswa
hanya perlu memberikan
suatu respon tertentu saja,
respon yang ada
diberi umpan balik
agar siswa segera
tahu hasilnya.PBM yang dilakukan
guru tersebut dilandasi oleh teori belajar............
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme.
d. Gestalt
24. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut
1. Siswa dikondisikan harus
menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan
menerima pengetahuan
3. Guru memfailitasi
menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru memberikan kesempatan
kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
Pernyataan diatas yang
merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah
...
a. 1, 2, dan 3 b.
1, 2, dan 4 c. 2, 3, dan 4.
d. 2 dan 3
25. Kita menentukan
kategori dan membentuk
sesuatu yang dengan
pasti memaknai fenomena. Kategori ini
memungkinkan kita untuk
mengelompokan obyek-obyek dengan
perbedaan- perbedaan yang nyata
berdasarkan karakteristik umum,
serta mengurangi kerumitan
kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model ..........
a. Berfikir induktif
b. Berfikir deduktif.
c. Pencapaian konsep
d. Pengemas awal
26. Salah satu
model pembelajarn yang
merupakan kelompok model
pengolahan informasi adalah
....
a. Bermain peran
b. Pemecahan masalah
c. Memorasi
d. Deduktif.
27. Individu bekerjasama
dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan
mengembangkan cara-cara
demokratis untuk menghadapi
situasi tertentu. Ini
semua merupakan cirri
dari model/strategi pembelajaran .......
a. Bermain peran
b. Investigasi kelompok.
c. Latihan laboratorium
d. Penelitian yurisprudensial
28. Pembelajaran dengan
menyediakan contoh-contoh yang
menunjukan
kesamaan-kesamaan atau
perbedaan-perbedaan agar siswa
yang berhadapan dengan
contoh-contoh tersebut dapat menemukan sendiri
atau diberi tahu
oleh guru tentang
setiap unsur dari
contoh tersebut. Kemudian siswa
merumuskan atau merumuskan
kembali hipotesis tentang
memaknai contoh tersebut dan
setiap contoh itu
akan menyajikan informasi
tentang karakteristik dan
nilai atributnya. Model/strategi pembelajarn tersebut adalah ...........
a. berfikir induktif.
b. Berfikir deduktif
c. Pencapaian konsep
d. Pengewas awal
29. Pada fase
pertama guru menggaris
bawahi bagian yang
penting dengan membuat
daftarnya. Fase kedua membuat
hubungan materi baru
dengan kata-kata, gambar
dan gagasan-gagasan. Fase ketiga
membuat hubungan-hubungan dengan
cara-cara yang menarik/lucu
meski kadang sedikit berlebihan.
Fase akhir adalah latihanya. Stratgei pembelajaran demikian adalah....
a. pengemas awal
b. memorasi
c. Pencapaian konsep.
d. Berfikir induktif
30. Guru membentuk
kelompok-kelompok belajar dan
memberikan tugas kepada
tiap kelompok. Setiap anggota
dari suatu kelompok
memiliki tugas dan
fungsi tertentu sehingga
jika salah satu saja
anggota kelompok tidak
menjalankan tugasnya maka
pekerjaan kelompok tersebut
tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajarn
tersebut adalah..............
a. Tugas kelompok
b. Diskusi kelompok kecil
c. Direct teaching
d. Kooperatif learning.
31. Upaya
guru menata setting
pembelajaran dengan memanfaatkan
segala unsur-unsur yang
ada di kelas sebagai alat bantu
pembelajaran adalah ..........
a. Memasang karya terbaik
siswa pada dinding di dalam kelas
b. Memajang gambar cirri khas
kota-kota besar di seluruh dunia
c. Menugaskan siswa memakai
baju adat pada hari besar nasional
d. Menyiapkan media sederhana
dan murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa.
32.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upayaguru pelajaran matematika
dikelas 4 dengan pokok bahasan bentuk-bentuk bidang geomatris luas dan
keliling.
1. Guru menunjukan meja dan
papan tulis sebagai persegi panjang
2. Guru menunjukan tegel
keramik di lantai bidang persegi panjang
3. Guru menunjukan kotak
bungkus rokok sebagai bentuk balok
4. Guru memakai bola basket untuk
menjelaskan jari-jari lingkaran
Pilihlan pernyataan
paling menggambarkan upaya
guru memanfaatkan unsur-unsur
yang ada dikelas sebagai media
pembelajaran adalah pernyataan ...........
a. 1 dan 2.
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
33. Guru bersama
siswa kelas 3
D membuat denah
kelas. Posisi meja
siswa kearah samping digambar sebagai
garis horizontal/datar dengan
notasi huruf A
sampai D atau
lazim sebagai sumbu Y.
Sedangkansusunan meja siswa
ke belakang ditandai
dengan angka 1
sampai dengan 5 sebagai
garis vertical atau
sumbu X, sehingga
sekarang tiap siswa
mengetahi posisi masing- masing meja
pada posisi huruf
dan angka berapa.
Denah kelas yang
dibuat tersebut dapat dipergunakan sebagai alat bantu
pembelajarn .........
a. IPA dan Matematika
b. IPS dan Matematika
c. Matematika dan Bahasa.
d. IPA dan IPS
34. Sebuah sekolah
dasar berada di
suatu wilayah berdekatan
dengan hutan alam,
sebuah sungai dan danau kecil.
Keadaan ala mini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk
menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep.............
a. Hutan homogeny
b. Penampakan buatan permukaan
bumi.
c. Proses fotosintesi
d. Siklus hidrologi
35. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1. Memberikan pujian atau
hadiah bagi siswa yang menunjukan usaha yang baik
2. Memberikan angka tinggi
sesuai prestasi yang dicapai siswa
3. Menyalahkan siswa secara
terbuka di kelas atau jawaban yang belum memuaskan
4. Menciptakan suasana belajar
yang ketat dan disiplin memenuhi kebutuhan belajar siswa
Pernyataan di
atas yang merupakan
langkah guru untuk
memotivasi siwa untuk
melakukan kegiatan belajar bermakna .......
a. 1 dan 2. b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4
36. Pak Andi akan
menyajikan materi pembelajaran untuk
informasi seperti memahami
symbol (lambang) antara lain
seperti kata-kata, istilah,pengertian dan
peraturan, kegiatan belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk
sifat materi tersebut adalah .............
a. Siswa harus mengenal dan
mengulang hafalan informasi
b. Siswa dilatih
memformulasikan informasi ke
dalam rangkaian yang
bermakna dalam kehidupan mereka.
c. Siswa dilatih untuk
memiliki ketrampilan pemecahan masalah yang dihadapi
d. Siswa dilatih menghafal
symbol-simbol, istilah dan pengertian-pengertian secara intensif
37. Kegiatan guru memberikan
penguatan (reinforcement) berbentuk
gesture di dalam
kegiatan pembelajaran adalah......
a. Memberikan hadiah ke
seluruh siswa karena nilai rata-rata Matematik meningkat pesat
b. Mengangguk-anggukan kepala
disertai muka ceria
kepada siswa yang
menjawab dengan tepat.
c. Menegur siswa yang
salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
d. Memberikan acungan jempol
terhadap respon siswa yang benar.
38. Upaya guru SD
dalam memberikan kesempatan
kepada siswa untuk
merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara
.............
a. Guru memberikan test atau
PR setiap akhir pelajaran
b. Guru menggunakan pertanyaan terarah
maupun pertanyaan bersifat
penelusuran saat pembelajarn
berlangsung.
c. Guru mewancarai tiap siswa
tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa
d. Guru menugaskan siswa
untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
39. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat
dilakukan degan cara....
a. Memberikan penilaian
terhadap aktivitas, tahap
kemajuan dan hasil
kerja siswa dari
proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b. Memberikan pre test maupun
post test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. Memgadakan ulangan harian rutin secara
terjadwal
d. Mengadakan ulangan harian
tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
40. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian test belajar untuk
soal pilihan ganda antara lain.................
a. Membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor
soal pilihan ganda.
b. Mengklasifikasi jawaban
semua siswa terhadap setiap soal
c. Mencari berapa rata-rata nilai kelas
d. Memberikan pembobotan
nilai untuk setiap soal
41. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ..........
a. Memberikan penilaian
menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif
c. Mengumpulkan hasilkerja
masing-masing siswa yang
telah diberikan masukan
balik oleh guru dan rekan siswa
dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar.
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
atau hasil ulangan
tiap siswa untuk
melihat kesulitan siswa dalam
memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian
diberikan pengajaran dan tes remedial.
42. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain
berupakegiatan guru...............
a. Memeriksa dan
memberikan nilai terhadap
hasil catatan aktivitas
tiap siswa dalam
kegiatan di kelas.
b. Melakukan wawancara
tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
c. Merencanakan pembelajaran remedial
bagi siswa yang
kurang baik berdasarkan
penilaian non tes
d. Melakukan wawancara
tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Mendata siswa yang
memilikikecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganalisis soal yang
paling banyak salah dan yang paling banyak benar dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakan
social, ekonomi dan budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sistem PB
secara menyeluruh berdasarkan atas dasar hasil penilaian belajar Pernyataan
diatas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi
belajar adalah
a. 1 dan 2 b. 1
dan 3 c. 2 dan 4. d. 3 dan 4
44. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan
belajar antara lain sebagai berikut .....
a. Menentukan criteria
keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi siswa
berdaarkan hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari criteria
keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengajaran
remedi.
45. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik
tampak dalam kegiatan guru....
a. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial.
b. Menggunakan rancangan
pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analiss evaluasi
belajar siswa
c. Menggunakan rancangan
pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. Merencanakan tes ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
46. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian
presentasinya di bawah ketuntasan belajar
.....
a. Proses pengajaran remedial
pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa.
b. Tujuan pengajaran remedial
adalah sama dengan tes diagnostic
c. Sasaran terpenting
pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa.
d. Strategi yang dipilih
hanya berbentuk tes ulang
47. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .........
a. Memberikan tambahan materi
berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. Memberikan tes tambahan
dengan tingkat kesukaranyang lebih tinggi
c. Memberikan tambahan sumber
bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument
tesnya yang sesuai.
d. Diberikan materi bahan
ajar yang lebih tinggi tingkatanya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki
kesulitan tinggi
48. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah
dilaksanakan dapat digunakan untuk....
a. Mempertahankan kebiasaan
mengajar karena sudah lama dan banyak berpengalaman
b. Mengusulkan penyediaan media pengajaran yang canggih untuk
meningkatkanpembelajaran
c. Merancang ulang rancangan
pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan.
d. Memberikan latihan
tambahan berupa tes untuk para siswa
49. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah
perbaikan pembelajarn yang telah diranang melalui Penelitian Tindakan Kelas
antara lain....
a. Guru meyakini ada masalah
dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b. Guru melakukan introspeksi
terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan
ujian nasional d. Guru mengevaluasi
kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada.
50. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan kerampilan social
antara lain....
a. Memberikan contoh
pentingnya bersikap toleran
b. Melatih siswa membuat
keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. Melatih bagaimana
mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. Mendiskusikan bagaimana
mengatasi permasalahan social di sekitar siswa .
Komentar
Posting Komentar