UPAYA PENINGKATAN
KOMPETENSI DAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 7
BANDA ACEH
Disusun
sebagai laporan akhir kegiatan On The Job
Learning pada Pendidikan dan
Pelatihan Calon Kepala Sekolah
Kota Banda Aceh
Periode : 09 Juli s/d
30 Oktober 2012
Nama : HAMDANY,
S.Pd.
Unit
Kerja : SMA NEGERI 7 BANDA ACEH
PILOTING
PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KOTA BANDA
ACEH
PROVINSI ACEH
TAHUN 2012
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang (ojl)
a. Tuntutan
Diklat In1.. (tindaklanjut
hasil Diklat In1, guna memenuhi kompensi sebagai KS)
b. Permendiknas
nomor 13 tahun 2007, tentang standar kepala sekolah
c. Permendiknas
nomor 28 tahun 2008, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah
B. Tujuan (ojl)…(meliputi
semua tagihan selama Diklat In1) untuk…
a. …
kompetensi (manajerial/supervisi/kewirausahaan) sesuai hasil AKPK, sebagaimana
tertulis dalam RTK
b. …..kompetensi
rekan guru dalam (salah satu dari Std. isi, proses, penilaian, SKL) yang
menurut hasil EDS masih kurang.
c. ….mengembangkan
perangkat pembelajaran
d. …..dimensi
kompetensi supervisi akademik
e. …… kemampuan
mengkaji dokumen manajerial di sekolah berdasarkan peraturan menteri pendidikan
nasional dan pedoman yang standar.
f. ….kompetensi
…(diisi sesuai AKPK) melalui kunjungan belajar ke sekolah magang …
C. Hasil yang diharapkan (Ojl)
(deskripsikan
…meningkatnya:)
Disesuaikan
dengan tujuan di atas. Redaksinya dirubah menjadi..meningkatnya…
a. ..
b. ..
c. ..
d. ..
e. …
f. ..
Bab II.
Kondisi Nyata Sekolah Magang
A.
Deskripsi singkat sekolah magang dimana calon bertugas
(Visi, misi, status akreditasi, kondisi sosial ekonomi sekolah)
B.
Deskripsi singkat Magang Lain (Visi, misi, status
akreditasi, kondisi sosial ekonomi sekolah)
Bab III. Pelaksanaan Rencana Tindak
Kepemimpinan
A.
Peningkatan Kompetensi (sesuai AKPK)…jelas
1.
Deskripsi hasil AKPK …jelas
2.
Tahapan pelaksanaan peningkatan kompetensi (sesuai
dengan matriks RTK)
a)
Persiapan (lihat RTK dan jurnal OJL)
b)
Pelaksanaan (lihat RTK dan jurnal OJL)
Deskripsikan
apa dan bagaimana kegiatan yang Anda lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan
AKPK Anda. (hal ini harus sesuai dengan tujuan, indicator dan langkah-langkah
dalam RTK)
Bagaimana
upaya Anda mencapai Indikator 1, 2, 3 dstnya.
c)
Monev (lihat RTK dan jurnal OJL)
Bagaimana
pemantauan dan penilaian kepala sekolah, pengawas sekolah dan atau guru senior
tentang proses dan keberhasilan pencapaian masing-masing indicator AKPK Anda?
(bila masih terdapat indikator yang pencapaiannya masih belum optimal,
maka dibuatkan RTK dua (2).
d)
Refleksi (lihat RTK dan jurnal OJL)
3.
Hasil
Berdasarkan
langkah-langkah dalam pelaksanaan di atas, maka hasilnya adalah sebagai
berikut:
a.
Diisi dengan keberhasilan
indikator 1. (misalkan: meningkatnya konsep, prinsip, langkah dan teknik
supervisi)
b.
Meningkatnya keterampilan dalam
melakukan supervisi. (disekripsikan..bagaimana anda melakukan supervisi
(pra-obs dan paska observasi).
c.
Meningkatnya kompetensi
interpersonal dalam menyampaikan umpan balik dan tindak lanjut hasil supervisi.
Deskripsikan bagaimana Anda memberikan umpan balik dan tindak lanjut, bagaimana
komentar rekan guru tentang Anda dan komentar pengawas dan atau kepala sekolah
pada saat memberikan umpan balik dan tindaklanjut).
B.
Peningkatan penyelenggaraan pendidikan (sesuai EDS)
A.
Deskripsi hasil EDS (4 SNP) sesuai dengan mata
pelajaran (mapel)/bimbingan yang diampu- satu mapel)
B.
Pelaksanaan RTK 1
Tahapan pelaksanaan
peningkatan penyelenggaraan pendidikan
a)
Persiapan
b)
Pelaksanaan
c)
Monev
d)
Refleksi
e)
Hasil
Hasil monev dan refleksi
digunakan sebagai dasar/acuan untuk merencanakan RTK 2
C. Pelaksanaan RTK 2
Tahapan pelaksanaan peningkatan penyelenggaraan pendidikan
a)
Persiapan
b)
Pelaksanaan
c)
Monev
d)
Refleksi
e)
Hasil
Bab IV. Supervisi Guru Junior
Kegiatan supervisi guru Junior
pada OJL, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi calon kepala
sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, melalui implementasi tindakan
kepemimpinan berupa mempengaruhi dan menggerakkan rekan guru, sehingga dapat lebih meningkat kompetensinya. Kegiatan
supervisi junior ini calon menerapkan kompetensi supervisi, dalam bentuk
tindakan membimbing pembuatan perangkat, mengobservasi dalam pembelajaran di
kelas, mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan umpan balik dan tindak
lanjut hasil penilaian pembelajaran.
Identitas Rekan guru yang
disupervisi sebagai guru Junior adalah:
Nama :
Pelajaran yang diampu :
Pengalaman mengajar :
Penunjukkan rekkan guru ini,
adalah ditentukan kepala sekolah dan koordinasi antara calon dan rekan guru.
Adapun tahap dan proses observasi guru Junior dapat diuraikan pada kegiatan pra
observasi, obseervasi dan pasca observasi.
A. Pra Observasi
B. Observasi
C. Pasca Observasi
Bab V. Penyusunan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP,
Bahan Ajar)
Kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran, berupa silabus, rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) dan bahan ajar merupakan bagaian dari upaya peningkatan
kompetensi calaon kepala sekolah, baik itu kompetensi kognitif maupun
psikomotor. Hal ini dilaksanakan selama OJL ini, dengan harapan calon kepala
sekolah lebih terampil dalam membinng
guru agar lebih profesional dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.
Silabus, RPP dan bahan ajar yang
disusun ini, adalah materi yang saya tela ajarkan pada kelas, program dan
semester ...yang sedang berjalan. Sesuai dengan jadwal rencana tindak lanjut
(RTL), penyusunan perangkat ini berlangsung selama ...jam. Adapun contoh
silabus, RPP dan bahan ajar yang disusun sudah mengacu pada standar nasional
dan kurikulum sekolah, SD/SMP/SMA/SMK.....
A. Silabus...
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
C. Bahan Ajar
Bab VI. Kajian Hasil On The Job Learning (Kondisi
Ideal, Kondisi Nyata, Kesenjangan dan Alternatif Solusi Permasalahan)
Kegiatan
A.
Kajian RKS
B. Kajian Pengelolaan Kurikulum
C. Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
D. Kajian Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS)
E. Kajian Pengelolaan Sarana Prasarana (SARPRAS)
F. Kajian Pengelolaan
Peserta Didik
G. Kajian Pengelolaan
Keuangan
H. Kajian TIK Dalam Pembelajaran
I. Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi
Bab VII. Upaya Peningkatan
Kompetensi di Sekolah Magang
Upaya peningkatan kompetensi
hasil AKPK di sekolah magang, merupakan kegiatan mandiri calon dalam rangka
meningkatkan kompetensi .... yang hasil AKPK merupakan yang paling rendah dari
5 kompetensi kepala sekolah.
Berdasarkan profil sekolah .....
yang termasuk kategori (baik, standar), maka saya mendapatkan banyak masukkan
yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi...calon.
Persiapan, pelaksanaan dan hasil
kegiatan selama di sekolah magang dalam rangka upaya peningkatan hasil AKPK
adalah sebagai berikut.
A.
Persiapan
a.
Tulislah apa yang Anda kerjakan menjelang kegiatan
upaya peningkatan hasil AKPK.
B.
Pelaksanaan kegiatan
a.
Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa?
Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen,
foto2)
b.
Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa?
Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen,
foto2)
c.
Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa?
Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen,
foto2)
d.
C.
Refleksi
D.
Hasil
a.
Apa saja yang Anda peroleh dan berkontribusi pada
peningkatan koompetensi Anda (sesuai hasil AKPK) atau hal positif lainnya dari
sekolah magang, yang merupakan kelebihannya dan tidak dijumpai di sekolah Anda.
b.
Adanya pernyataan bahwa ....hal-hal ini (inovasi
pada sekolah magang) sangat berarti bagi Anda sebagai calon KS kelak dalam
menjalankan tugas sebagai kepala sekolah.
c.
Lampirakan bukti fisiknya.
Bab VIII. Penutup
A.
Kesimpulan (disesuaikan dengan tujuan OJL)
B.
Saran-saran
Lampiran- Lampiran
|
|
Lampiran
1
Lampiran
2
Lampiran
3
Lampiran
4
Lampiran
5
Lampiran
6
Lampiran
7
Lampiran
8
Lampiran
9
Lampiran10
Lampiran 11
|
Supervisi
Terhadap Guru Yunior
Contoh Silabus,
RPP dan Bahan Ajar
Hasil kajian RKJM dan RKAS
Hasil Kajian Pengelolaan Keuangan
Hasil kajian
Sarana dan Prasarana
Hasil kajian Kurikulum
Hasil kajian program
Pengelolaan Peserta Didik
Hasil kajian TIK dalam Pembelajaran
Hasil kajian Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Hasil kajian
Tenaga Administrasi Sekolah
Hasil kajian Program Monitoring dan Evaluasi
|
Komentar
Posting Komentar