Langsung ke konten utama

FORMAT LAPORAN OJL




UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 7
BANDA ACEH
 Disusun sebagai laporan akhir kegiatan On The Job Learning  pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah
Kota Banda Aceh
Periode : 09 Juli s/d  30 Oktober 2012









 















Nama         : HAMDANY, S.Pd.
Unit Kerja  : SMA NEGERI 7 BANDA ACEH



PILOTING PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KOTA BANDA ACEH

PROVINSI ACEH
TAHUN 2012



Kata Pengantar
Daftar Isi

Bab I. Pendahuluan
A.    Latar Belakang (ojl)
a.       Tuntutan Diklat In1.. (tindaklanjut hasil Diklat In1, guna memenuhi kompensi sebagai KS)
b.      Permendiknas nomor 13 tahun 2007, tentang standar kepala sekolah
c.       Permendiknas nomor 28 tahun 2008, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah
B.     Tujuan (ojl)…(meliputi semua tagihan selama Diklat In1) untuk…
a.       … kompetensi (manajerial/supervisi/kewirausahaan) sesuai hasil AKPK, sebagaimana tertulis dalam RTK
b.      …..kompetensi rekan guru dalam (salah satu dari Std. isi, proses, penilaian, SKL) yang menurut hasil EDS masih kurang.
c.       ….mengembangkan perangkat pembelajaran
d.      …..dimensi kompetensi supervisi akademik
e.       …… kemampuan mengkaji dokumen manajerial di sekolah berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional dan pedoman yang standar.
f.       ….kompetensi …(diisi sesuai AKPK) melalui kunjungan belajar ke sekolah magang …

C.     Hasil yang diharapkan (Ojl)
(deskripsikan …meningkatnya:)
Disesuaikan dengan tujuan di atas. Redaksinya dirubah menjadi..meningkatnya…
a.       ..
b.      ..
c.       ..
d.      ..
e.      
f.       ..



Bab II. Kondisi Nyata Sekolah Magang
A.    Deskripsi singkat sekolah magang dimana calon bertugas (Visi, misi, status akreditasi, kondisi sosial ekonomi sekolah)
B.     Deskripsi singkat Magang Lain (Visi, misi, status akreditasi, kondisi sosial ekonomi sekolah)

Bab III. Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan
A.    Peningkatan Kompetensi (sesuai AKPK)…jelas
1.      Deskripsi hasil AKPK …jelas
2.      Tahapan pelaksanaan peningkatan kompetensi (sesuai dengan matriks RTK)
a)                Persiapan (lihat RTK dan jurnal OJL)
b)               Pelaksanaan (lihat RTK dan jurnal OJL)
Deskripsikan apa dan bagaimana kegiatan yang Anda lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan AKPK Anda. (hal ini harus sesuai dengan tujuan, indicator dan langkah-langkah dalam RTK)
Bagaimana upaya Anda mencapai Indikator 1, 2, 3 dstnya.
c)                Monev (lihat RTK dan jurnal OJL)
Bagaimana pemantauan dan penilaian kepala sekolah, pengawas sekolah dan atau guru senior tentang proses dan keberhasilan pencapaian masing-masing indicator AKPK Anda? (bila masih terdapat indikator yang pencapaiannya masih belum optimal, maka dibuatkan RTK dua (2).
d)               Refleksi (lihat RTK dan jurnal OJL)
        
3.      Hasil
Berdasarkan langkah-langkah dalam pelaksanaan di atas, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
a.       Diisi dengan keberhasilan indikator 1. (misalkan: meningkatnya konsep, prinsip, langkah dan teknik supervisi)
b.      Meningkatnya keterampilan dalam melakukan supervisi. (disekripsikan..bagaimana anda melakukan supervisi (pra-obs dan paska observasi).
c.       Meningkatnya kompetensi interpersonal dalam menyampaikan umpan balik dan tindak lanjut hasil supervisi. Deskripsikan bagaimana Anda memberikan umpan balik dan tindak lanjut, bagaimana komentar rekan guru tentang Anda dan komentar pengawas dan atau kepala sekolah pada saat memberikan umpan balik dan tindaklanjut).
B.     Peningkatan penyelenggaraan pendidikan (sesuai EDS)
A.      Deskripsi hasil EDS (4 SNP) sesuai dengan mata pelajaran (mapel)/bimbingan yang diampu- satu mapel)
B.       Pelaksanaan RTK 1
       Tahapan pelaksanaan peningkatan penyelenggaraan pendidikan
a)                       Persiapan
b)                      Pelaksanaan
c)                       Monev
d)                      Refleksi
e)                       Hasil
Hasil monev dan refleksi digunakan sebagai dasar/acuan untuk merencanakan RTK 2
C.       Pelaksanaan RTK 2
Tahapan pelaksanaan peningkatan penyelenggaraan pendidikan
a)                       Persiapan
b)                      Pelaksanaan
c)                       Monev
d)                      Refleksi
e)                       Hasil

Bab IV. Supervisi Guru Junior
Kegiatan supervisi guru Junior pada OJL, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, melalui implementasi tindakan kepemimpinan berupa mempengaruhi dan menggerakkan rekan guru, sehingga  dapat lebih meningkat kompetensinya. Kegiatan supervisi junior ini calon menerapkan kompetensi supervisi, dalam bentuk tindakan membimbing pembuatan perangkat, mengobservasi dalam pembelajaran di kelas, mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan umpan balik dan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran.
Identitas Rekan guru yang disupervisi sebagai guru Junior adalah:
Nama                                 :
Pelajaran yang diampu      :
Pengalaman mengajar       :
Penunjukkan rekkan guru ini, adalah ditentukan kepala sekolah dan koordinasi antara calon dan rekan guru. Adapun tahap dan proses observasi guru Junior dapat diuraikan pada kegiatan pra observasi, obseervasi dan pasca observasi.
A.      Pra Observasi
B.       Observasi
C.       Pasca Observasi
Bab V.  Penyusunan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, Bahan Ajar)
Kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran, berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan bahan ajar merupakan bagaian dari upaya peningkatan kompetensi calaon kepala sekolah, baik itu kompetensi kognitif maupun psikomotor. Hal ini dilaksanakan selama OJL ini, dengan harapan calon kepala sekolah lebih terampil dalam  membinng guru agar lebih profesional dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.
Silabus, RPP dan bahan ajar yang disusun ini, adalah materi yang saya tela ajarkan pada kelas, program dan semester ...yang sedang berjalan. Sesuai dengan jadwal rencana tindak lanjut (RTL), penyusunan perangkat ini berlangsung selama ...jam. Adapun contoh silabus, RPP dan bahan ajar yang disusun sudah mengacu pada standar nasional dan kurikulum sekolah, SD/SMP/SMA/SMK.....
A.    Silabus...
B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
C.     Bahan Ajar

Bab VI.   Kajian Hasil On The Job Learning (Kondisi Ideal, Kondisi Nyata, Kesenjangan dan Alternatif Solusi Permasalahan)
Kegiatan

A.    Kajian RKS
B.     Kajian Pengelolaan Kurikulum
C.     Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
D.    Kajian Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS)
E.     Kajian Pengelolaan Sarana Prasarana (SARPRAS)
F.      Kajian Pengelolaan Peserta Didik
G.    Kajian Pengelolaan Keuangan
H.    Kajian TIK Dalam Pembelajaran
I.       Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi
Bab VII. Upaya Peningkatan Kompetensi di Sekolah Magang
Upaya peningkatan kompetensi hasil AKPK di sekolah magang, merupakan kegiatan mandiri calon dalam rangka meningkatkan kompetensi .... yang hasil AKPK merupakan yang paling rendah dari 5 kompetensi kepala sekolah.
Berdasarkan profil sekolah ..... yang termasuk kategori (baik, standar), maka saya mendapatkan banyak masukkan yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi...calon.
Persiapan, pelaksanaan dan hasil kegiatan selama di sekolah magang dalam rangka upaya peningkatan hasil AKPK adalah sebagai berikut.
A.           Persiapan
a.              Tulislah apa yang Anda kerjakan menjelang kegiatan upaya peningkatan hasil AKPK.
B.            Pelaksanaan kegiatan
a.              Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa? Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen, foto2)
b.             Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa? Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen, foto2)
c.              Hari/tanggal: sasarannya apa? Bertemu dengan siapa? Apa yang dikaji/didiskusikan? Dan hasilnya? (lampirkan bukti fisik: dokumen, foto2)
d.              
C.            Refleksi
D.           Hasil
a.              Apa saja yang Anda peroleh dan berkontribusi pada peningkatan koompetensi Anda (sesuai hasil AKPK) atau hal positif lainnya dari sekolah magang, yang merupakan kelebihannya dan tidak dijumpai di sekolah Anda.
b.             Adanya pernyataan bahwa ....hal-hal ini (inovasi pada sekolah magang) sangat berarti bagi Anda sebagai calon KS kelak dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah.
c.              Lampirakan bukti fisiknya.


Bab VIII. Penutup
A.           Kesimpulan (disesuaikan dengan tujuan OJL)
B.           Saran-saran

Lampiran- Lampiran
Lampiran 1
Lampiran 2
Lampiran 3
Lampiran 4
Lampiran 5
Lampiran 6
Lampiran 7
Lampiran 8
Lampiran 9
Lampiran10
Lampiran 11

Supervisi Terhadap Guru Yunior
Contoh Silabus, RPP dan Bahan Ajar
Hasil kajian RKJM dan RKAS
Hasil Kajian Pengelolaan Keuangan
Hasil kajian Sarana dan Prasarana
Hasil kajian Kurikulum
Hasil kajian program Pengelolaan Peserta Didik
Hasil kajian TIK dalam Pembelajaran
Hasil kajian Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Hasil kajian Tenaga Administrasi Sekolah
Hasil kajian Program Monitoring dan Evaluasi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013 (berdasarkan Permendikbud 81A lampiran IV) Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut. 1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. 2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. 3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik 4. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengem

SOAL UN FISIKA DAN PEMBAHASANNYA ( BAGIAN 1 )

SOAL GLBB, GVB, GJB DAN PEMBAHASANNYA Soal No.1 Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan awal 72 km/jam kemudian direm hingga berhenti pada jarak 8 meter dari tempat mulainya pengereman. Tentukan nilai perlambatan yang diberikan pada mobil tersebut!   Pembahasan Ubah dulu satuan km/jam menjadi m/s kemudian gunakan persamaan untuk  GLBB diperlambat:     Soal No. 2 Perhatikan grafik berikut ini.      Dari grafik diatas tentukanlah: a. jarak tempuh gerak benda dari t = 5 s hingga t = 10 s b. perpindahan benda dari  t = 5 s hingga t = 10 s Pembahasan Jika diberikan graik V (kecepatan) terhadap t (waktu) maka untuk mencari jarak tempuh atau perpindahan cukup dari luas kurva grafik V-t. Dengan catatan untuk jarak, semua luas bernilai positif, sedang untuk menghitung perpindahan, luas diatas sumbu t bernilai positif, di bawah bernilai negatif.     

Contoh Soal UKG 2015

SOAL-SOAL LATIHAN UKG KOMPETENSI PEDAGOGIK 1.    Kemampuan   berfikir   untuk   mengoperasikan   kaidah-kaidah   logika   tapi   masih   terkait   dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia a.     0 - 2 tahun b.     2 -- 7 tahun c.      7 -- 11/12 tahun d.     11/12/ -- 14/15 tahun 2.    Kegemaran  anak  akan  dongeng/cerita  yang  bersifat  kritis  seperti  kisah  perjalanan  riwayat  para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia a.     3—5 tahun b.      6 -- 8 tahun c.      10 - 12 tahun d.      15 - 18 tahun 3.    Menggunakan    potongan    sapu    lidi,    kelereng,    globe,    gambar-gambar    yang    menyangkut pembelajaran   IPA   serta   IPS   sebagai   media   adalah   sesuai   dengan   tahapan   perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan a.     Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor) b.     Dominasi pengamatan bersifat egosentris c.     A